Home
0
My Bag

My Account

Shopping Cart

Checkout

Blog

Posted on March 5, 2020

7 Tipe Sepatu Pria Yang Harus Kamu Miliki dan Tips Memadukannya

 

Ada banyak bentuk dan macam sepatu pria, dan tidak mudah untuk mengingat semuanya, apalagi memilikinya. Untungnya, kamu cukup tahu tentang tujuh tipe esensial ini saja!

 

1. Sepatu Formal Hitam




Sepatu formal (dress shoes) berwarna hitam adalah jenis alas kaki pria yang paling populer. Sepatu ini biasanya memiliki ujung yang berbentuk bulat (rounded toe). Meskipun memang terlihat lebih elegan, sepatu formal dengan ujung bulat juga terlalu biasa dan bahkan mungkin membosankan. Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, cobalah sepatu dengan ujung persegi (square toe).

Namun, kamu harus cerdas memilih sepatu formal berujung persegi, karena beberapa di antara mereka tidak memiliki desain yang bagus. Taktiknya adalah mencari sepatu square toe yang ujungnya tidak terlalu lebar.

 
Tips Padu Padan:

Simpel dan klasik, sepatu jenis ini dibuat untuk acara-acara formal, jadi jangan memadukannya dengan celana jeans. Pakailah sepatu ini dengan setelan berwarna hitam.

 

2. Sepatu Boots Cokelat Muda


Sepasang sepatu bot setinggi pergelangan kaki (high-ankle boots) bisa jadi pelengkap sempurna untuk penampilan kasualmu.

 

Agar lebih trendi, pilihlah sepatu bot yang terbuat dari kulit asli dan berwarna cokelat muda (tan). Selain lebih fleksibel daripada warna hitam yang cenderung kaku, cokelat muda juga cocok dipadukan dengan banyak warna lain.

 

Tips Padu Padan:

Pasangan high-ankle boots cokelat muda yang terbaik adalah kaus putih dan jeans, baik yang berwarna biru muda maupun tua (navy). Kamu bisa juga mengombinasikan sepatu jenis ini dengan kaus putih, jaket denim dan celana chino.

 

3. Sepatu Loafers Kulit



Loafer adalah salah satu jenis alas kaki tanpa tali atau pengancing. Loafer pas dikenakan di acara formal sampai kasual, tergantung dari bahan dan desainnya.

 

Ada loafer yang terbuat dari kulit dengan aksen tenun di permukaannya. Meskipun bahan kulit dan warna hitam membuat loafer terkesan formal, namun pola tenun membuatnya terlihat lebih santai. Kontras yang sempurna ini menjadikan loafer kulit dengan aksen tenun cocok dipadukan dengan banyak gaya.

 

Tips Padu Padan:

Jika ingin terlihat smart casual, pakailah sepatu ini dengan kemeja dan celana panjang cropped berbahan chino atau denim. Kamu juga bisa menambahkan blazer atau kardigan. Untuk penampilan semi-formal atau formal, kenakan setelan tanpa dasi atau setelan three-piece.

 

Loafer dapat dipakai dengan ataupun tanpa kaus kaki. Jika kamu memilih untuk menggunakan kaus kaki, pastikan warnanya sesuai dengan pakaianmu.

 

4. Sepatu Sneaker Biru Tua



Sepatu kets (sneaker) adalah sandingan termudah dan paling simpel untuk gaya kasual. Terlebih lagi sepatu kets biru tua atau navy, karena warna tersebut cocok dengan corak apapun. Dibandingkan hitam, warna navy membuat penampilan kasual terlihat lebih edgy.

 

Akhir-akhir ini, sepatu kets juga sudah dianggap sebagai bagian dari pakaian smart casual. Kalau kamu ingin memakainya ke acara makan malam atau pesta semi formal, ada baiknya kamu memilih sepatu kets navy yang terbuat dari kulit atau kulit pull-up.

 

Tip Padu Padan:

Kenakan sepatu kets biru tua dengan kemeja berlengan pendek atau kaus dan celana denim atau chino.

 

 

5. Sepatu Wingtip

 

Sepatu wingtip memiliki desain yang sangat menarik. Sesuai dengan namanya, di ujung (tip) sepatu wingtip terdapat dekorasi yang bentuknya mirip dengan sayap (wing).

 

Sepatu tipe ini memiliki sejarah yang panjang, dan awalnya dibuat sebagai alas kaki untuk kegiatan di luar ruangan (outdoor). Namun, sepatu wingtip modern sangat serba bisa, terutama yang terbuat dari kulit dan berwarna cokelat tua.

 

Tips Padu Padan:

Sepatu wingtip cokelat cocok dengan banyak warna lainnya, dan dapat dipakai di acara formal dan kasual. Sepatu ini terlihat bagus jika dipadukan dengan setelan maupun skinny jeans. Pasangkan dengan kombinasi antara kemeja atau kaus turtleneck, blazer dan celana chino.

 

6. Sepatu Sneaker Putih

 

Sejak beberapa tahun lalu, sepatu kets putih sudah dianggap sebagai bagian dari fashion. Putih serasi dengan warna-warna lain, dan sepatu kets dengan dekorasi minim pas dengan penampilan apa saja.

Tips Padu Padan:

Untuk gaya kasual, padukan sepatu kets putih dengan celana pendek atau jeans dan kaus.

Sepatu kets putih juga cocok untuk penampilan semi casual jika dipakai dengan celana chino, kaus dan blazer.

Untuk pakaian formal yang trendi, kombinasikan sepatu kets putih dengan setelan berdasi.

 

7. Sepatu Kulit Kasual

 

Kamu harus menyimpan sepasang sepatu yang dapat kamu pakai dalam situasi apapun. Sepatu kasual bertali yang terbuat dari kulit dan berwarna navy adalah jawabannya.

 

Tips Padu Padan:

Sepatu jenis ini akan melengkapi pakaian kasual atau smart casual. Meskipun bahan kulitnya memberikan kesan berkelas, sepatu ini masih terlihat tidak terlalu formal. Dan warna navy-nya menjadikan sepatu ini mudah dicocokkan dengan corak lain. Sepatu kulit kasual adalah investasi fashion yang tidak akan membuat kamu rugi.