Apakah Boleh Memakai Sepatu Kulit Setiap Hari? Boleh Asalkan…

Apakah Boleh Memakai Sepatu Kulit Setiap Hari? Boleh Asalkan…

Gino Mariani – Konon, aroma sepatu kulit berkualitas berbeda dengan sepatu yang dibuat seadanya. Benar atau tidaknya pernyataan tersebut, namun hanya satu yang pasti; sepatu kulit berkualitas pasti memiliki material yang sangat kuat, awet, dan halus. 

Sepatu kulit boleh diibaratkan sebagai sosok pria atau wanita berperawakan tampan dan cantik, wangi, juga memesona. Tidak sedikit orang yang menyukainya. Penampilan sepatu kulit dapat menarik perhatian banyak mata secara instan. Hebat, bukan?

Kalau sudah begitu, siapa yang tidak mau memakai sepatu kulit setiap hari? Faktanya, sepatu kulit berkualitas memang dapat memberikan rasa nyaman yang maksimal setiap kali kamu memakainya. Namun, apakah boleh memakai sepatu kulit setiap hari karena atas dasar suka banget sama sepatunya?

Berikut penjelasannya, sobat Gino Mariani.

 

Tidak Semua Sepatu Kulit Sama 

Tidak semua sepatu kulit terlahir sama, sobat Gino Mariani. Itu yang menjadi alasan mengapa rasa sepatu kulit berbeda-beda. Terbukti, ada yang cocok dan tidak saat selesai memakai sepatu kulit.

Namun masalah itu akan sukar terjadi apabila kamu memakai sepatu kulit berkualitas. Sebab mulai dari desain sampai proses produksi sepatu kulit betul-betul terstandarisasi dengan maksimal.

Bila material kulitnya bagus, manufakturnya berstandar internasional, memiliki sistem cek kualitas yang teliti, serta tanpa kompromi, maka dapat dipastikan akan lahir sepatu kulit yang luar biasa.

Bila sudah memenuhi kriteria di atas, maka sepatu kulit tersebut kemungkinan besar teruji dengan baik bila dibawa beraktivitas hari-hari.

 

Gunakan Sepatu Kulit Sewajarnya

Perlu kamu ingat, bahwa jangan menggunakan sepatu kulit dengan cara yang salah. Material sepatu kulit memang kuat dan terbukti mutunya. Beberapa sepatu kulit tidak masalah bila kamu bawa beraktivitas dalam jangka waktu yang lama.

Tetapi, tak berarti kamu boleh memakainya persis setiap hari.

Apa pasal? Kulit pada sepatu juga perlu beristirahat dari hentakan hingga lekukan kedua kaki kamu. Jadi gunakan sepatu kulit sewajarnya. Itu adalah prinsip utama yang wajib kamu ingat.

 

Harus Rajin Merawat Sepatu Kulit

Tidak semua orang mau merawat sepatunya dengan baik. Namun, tanggung jawab kamu memang demikian. Sepatu kulit dapat kamu pakai setiap hari setidaknya bila kamu juga merawatnya secara rutin tanpa ada kompromi. Titik.

Ibarat kendaraan yang kamu pakai setiap hari, maka masuk akal apabila kendaraanmu perlu jadwal servis yang berkala juga. Sama dengan sepatu kulit, kamu perlu mengeluarkan uang untuk membeli aksesoris perawatan sepatu. Itu adalah resiko kamu yang sifatnya wajar.

Bila kamu memakai sepatu kulit setiap hari tanpa memberikan perhatian yang lebih soal perawatannya, maka jangan heran semahal apapun sepatumu akan cepat rusak. Minimal, kotor dan timbul jamur pada sepatu.

Jangan rusak keindahan yang terlahir di sepatu kulit kamu. Memakai sepatu kulit setiap hari, tanpa perawatan rutin, sama saja merusaknya secara perlahan.

 

Perawatan Sepatu Kulit Harus Sesuai

Selain kedisiplinan, cara nerawat sepatu kulit juga harus sesuai. Contohnya, kamu wajib memiliki tempat penyimpanan seperti dry cabinet khusus sepatu kulit. Tujuannya jelas, supaya sepatu kulit tidak mudah terkena debu dan terjaga kelembabannya.

Kemudian kamu dapat membeli sepasang kayu sepatu agar lubang kaki pada sepatu tidak cepat rusak akibat aktivitas kamu setiap hari. Bicara soal kayu sepatu, barang ini termasuk yang sayangnya sering terabaikan.

Kalau kamu pikir lagi, kayu sepatu dapat memengaruhi awet tidaknya kulit sepatu kamu hingga kemudian hari, loh. Kayu sepatu juga dapat menyerap bau dan menjaga kelembaban sepatu kulit mahal kamu.

Memakai sepatu kulit setiap pasti merupakan ide yang buruk, bila cara dan tempat penyimpanan sepatunya tidak sesuai.

Catatan khusus bagi kaum pria, seringkali tanpa disadari memakai dan menaruh sepatu seadanya saja. Bahkan asal. Pikirkan baik-baik, prinsip enggak mau ribet seperti itu harus dibuang jauh-jauh. Justru dengan menerapkan kedisiplinan sama saja menjaga barang pribadi kamu.

Sepatu kulit asli dan berkualitas dapat dikatakan barang yang tidak murah. Bila kamu asal memakainya setiap hari, maka dapat dipastikan ia takkan awet dan kamu akan rugi.

Back to blog